Selasa, 29 Maret 2011

Noktah Hitam dalam Whiteboard

Filosofi noktah dalam whiteboard ini saya dapatkan saat masih berstatus siswa SMA. Saat itu senior saya menghapus tulisan dalam papan tulis yang ada di depan kami. Setelah itu, dia menggambarkan noktah kecil hitam dengan spidol di tengah - tengah papan tulis tersebut dan menanyakan kepada kami apa yang kami lihat dari perbuatannya sedari tadi.

Mayoritas suara berkata bahwa itu adalah titik hitam, noda spidol, lingkaran hitam kecil dan sebagainya. Dan si senior hanya merengut mendengar jawaban kami karena jawaban kami semua ternyata SALAH BESAR.


Satu hal yang masih aku ingat perkataannya adalah "Change Your Mind !". Dan dia juga berkata apakah kalian tidak melihat papan tulis putih yang besar ini? apakah mata kalian tidak melihat begitu bersih papan tulis tersebut? mengapa yang terpikir dari kalian hanya melihat noktah kecil ini dan tidak melihat sekitarnya yang putih bersih?

Kawan, lebih mudah mencari - cari, melihat dan menilai borok keburukan dari seseorang walaupun borok itu sedikit adanya ketimbang melihat dan mengapresiasi segala kebaikan seseorang walaupun itu sebesar Samudra Hindia. Lebih mudah kita mengkritik seseorang daripada memberikan penghargaan kepada seseorang, seperti lebih mudah melihat noktah hitam yang begitu kecil ketimbang melihat papan tulis bersih yang ada di sekitarnya.

Kawan, manusia memang makhluk yang tidak sempurna. Pastilah ada salah dalam hidup manusia tetapi banyak juga kebaikan - kebaikan yang dilakukan manusia yang terlupakan dan tertutup oleh kesalahan yang kecil.

so change your mind !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar