Minggu, 17 Januari 2010

Bagaimana Sih WiMAX Bekerja?

Postingan ini merupakan sekuel kedua dari postingan pertama tentang perbandingan Broadband, WiFi, Dial-up dan WiMAX (ceileh gaya banget pake sekual segalanya . haha). Okay, dalam postingan kita akan mendalami cara kerja WiMAX dalam mengakses internet.
Pada prinsipnya, operasi WiMAX sama dengan operasi WiFi, WiMAX mengirim data dari satu komputer ke komputer lain via sinyal radio. Komputer yang dilengkapi dengan WiMAXakan menerima data dari WiMAX transmitting station, menggunakan kunci data terenkripsi untuk mencegah penyusup mencuri akses.
Kalau kecepatan WiFi yang paling cepat adalah hanya 54 megabit per detik pada saat optimal, sedangkan WiMAX dalam kondisi optimal dapat mentransmisikan sampai 70 megabit per detik. Bhakan jika 70 megabit tersebut dipecah ke banyak ratusan home users dan pengguna bisnis, kecepatannya akan menjadi setara dengan kecepatan transfer kabel modem untuk tiap user yang memakai.

Sistem WiMAX terdiri dari 2 bagian:
- WiMAX tower yang sama konsepnya dengan tower handphone, WiMAX tower dapat menyuguhkan coverage luas sekitar 8.000 km persegi.
- WiMAX receiveryang merupakan receiver dan antenna berupa kotak mini atau yang ditanam langsung ke laptop sebagaimana akses WiFi pada saat ini.

WiMAX dapat terhubung langsung menggunakan high-band-width, koneksi wired. Ia juga mampu terkoneksi ke WiMAX tower lain menggunakan microwave link. Konelsi ini ke tower kedua bersama kemampuan 1 tower dapat mengcover sampai 3000mil persegi, inilah yang memungkinkan WiMAX menghadirkan coverage ke wilayah pinggiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar