Minggu, 17 Januari 2010

Perbandingan Broadband, Dial-up, WiFi, dan yang terbaru, WiMAX

Seperti yang kita ketahui sebagai orang awam, akses internet dibagi menjadi tiga pilihan, diantaranya:
- Broadband
Penyetingan internet di rumah dengan menggunakan DSL atau kabel modem
- WiFi
Pemnyetingan internet melalui WiFi router atau WiFi hotspot yang digunakan di tempat - tempat public
- Dial-up
Nah, ini penyetingan internet yang paling jadul. Ini masih dipakai oleh orang – orang yang merasa akses Broadband itu mahal.

Masalh utamanya adalah, akses Broadband memang dikenal akses internet yang masih mahal di zaman sekarang dan tidak menjangkau semua are sedngakan masalh pada WiFi adalah hotspot yang sangat kecil sehingga coverage are terbata. Trus bagaimana dums pemecahannya? Oleh karena itulah diciptakan WiMAX.
WiMAX sepertinya asing di telinga kita semua. Apa itu WiMAX ? Yap, WiMAX adalah sebuah terbosan terbaru yang digunakan untuk berinternet. WiMAX singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access yang dalam nama IEEE sebagai 802.16
WiMAX mempunyai potensi menghadirkan akses broadband internet sebagaimana yang dilakukan handphone terhadap akses handphonenya (maksudnya itu antara hape kita dengan provider kita). WiMAX juga dapat menggantikan layanan kabel dan DSL karena WiMAX menyediakan akses internet universal kemanapun kita pergi teman – temen blogger sekalian (ke toilet juga dums? haha). Selain itu WiMAX juga sama mudahnya dengan WiFi, dengan menyalakan komputer akan secara otomatis terhubung dengan antena WiMAX yang terdekat dengan komputer kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar